Posted by

Gili Islands is a turtle island

Kalau kita mendengar kata gili mungkin langsung teringat oleh pulau Gili Trawangan. Gili Trawangan berada di Kabupaten Lombok Utara dimana terdiri dari 3 gili yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Tetapi dengan majunya pariwisata maka Gili Trawangan lebih banyak dikenal orang dibandingkan dengan Gili yang lainnya. Kalau dilihat dari asal katanya gili artinya pulau kecil yang bener sekali apa adanya. Gili Trawangan sangat kecil, apabila kita jalan kaki berkeliling hanya berjarak 7km dan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja.

Nah pariwisata di Gili sudah sangat maju dan merupakan salah satu penyumbang terbesar buat Lombok. Gili sangat terkenal dengan keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya. Pantai pasir putih dengan air yang bening seperti kristal akan membuat kita terpana saat pertama kali menginjakan kaki di gili. Dan disana kita akan melihat begitu banyaknya hotel, resto serta dive center yang besar besar. Dive center yang ada disini biasanya SSI platinum ataupun PADI 5 star resort, jadi mereka sudah sangat besar dan berpengalaman di bidangnya.

Pertanyaannya adalah, apakah yang kita lihat dibawah air. Salah satu yang menjadi daya tarik terbesar orang datang ke gili adalah Diving dan Sea Turtle (penyu). Disini terkenal dengan sebutan Turtle Island. Nah para turis bisa melihat turtle di habitat aslinya dan juga di gili trawangan terdapat Turtle sanctuary tempat pemeliharaan penyu. Kalau anda beruntung saat anda snorkling hanya dari depan pantai saja dengan kedalaman 1m anda bisa melihat kura kura kesayangan anda sedang makan atau sedang berenang bebas. Sungguh indahnya……Kalau kita diving di spot tertantu mungkin anda bisa melihat 5-15 kura kura saat bersamaan.

Jenis kura kura yang ada 2 jenis yaitu Green Sea Turtle ( Kura-kura Hijau) dan Hawksbill Turtle. Kedua jenis kura kura tadi dapat dengan mudah ditemukan di perairan sekitar Gili. Perbedaan dari kedua kura kura tersebut sangat mudah kita lihat.

Green Sea Turtle

– memiliki muka yang lebih mulat dengan hidung yang pendek.
– badan lebih besar dan lebih gemuk. bs mencapai panjang 1,,5m
– cangkang belakangnya bundar dan membulat serta memiliki corak yang
bersih dan indah sekali.

Hawksbill Turtle

– memiliki muka yang agak panjang dengan hidung mancung menyerupai paruh burung elang (hawksbill)
– badan lebih kecil dan kurus, maksimal mecapai panjang 80cm
– cangkang hawksbill terlihat kotor dan kasar serta dipinggir2nya terdapat kulit yang lancip dan tajam.


Nah apabila kita diving di Gili kita lihat kura kura sangat bersahabat dengan manusia. Hal ini dikarenakan kita tidak boleh menyentuh dan memegangnya dan membiarkan mereka hidup liar di alamnya tanpa kita perlu campur tangan. Jadi kita kita mengganggu dan hanya melihat mereka berenang dengan indahnya. Selain itu mereka akan merasa nyaman serta tidak kabur apabila melihat manusia. oleh karena itu jadi mereka tidak merasa terganggu dengan kedatangan kita disana.

Kura kura bisa hidup sampai puluhan tahun dan mereka dapat bertelur dalam jumlah yang banyak, sekitar 50-200 an tergantung dari jenisnya. Dan dari jumlah tersebut hanya 20-25 yang berhasil menetas dan hanya 15 yang berhasil mencapai laut. dari jumlah tersebut maka 10 ekor akan mati diburu oleh predator dan ikan besar dan 3 akan mati dibunuh manusia sedangan hanya 2 yang dapat bertahan hidup dan bereproduksi lagi. jadi sangat disayangkan apabila kita tidak menjaganya dan membiarkannya punah hanya demi koleksi cangkang kura kura di rumah atau makan telur kura kura sebagai hidangan di piring….

Hal yang perlu kita ketahui apabila kita bertemu kura kura adalah, jangan pernah memegang atau menyentuhnya. Kenapa? karena kura kura dapat mudah stress sama seperti manusia apabila dipegang mereka merasa terancam dan dapat meminum air laut yang bisa menyebabkan kematian.

Selain itu juga apabila kita Night dive jangan pernah mengarahkan senter kita ke arah mata kura kura karena mereka akan kira sudah siang dan akan berenang menuju sumber cahaya karena dianggap matahari untuk mengambil nafas…Kura kura bernafas menggunakan paru paru sama seperti reptil lainnya dan kura kura bernafas ke permukaan air setiap 30-60 menit. Dan terdapat fakta bahwa kura kura bisa menahan nafas paling lama 3-6 bulan…wowwwww Pada saat musim dingin kura kura akan melakukan hibernasi di bawah permukaan es yang membeku sehingga mereka tidak dapat ambil nafas sampai 3-6 bulan….Bukan main….